7 Hal yang Tak Boleh Anda Dilewatkan di Laos

7 Hal yang Tak Boleh Anda Dilewatkan di Laos

Laos dikenal dengan daerah pegunungan, arsitektur kolonial Prancis, pemukiman suku bukit, dan biara Buddha. Sebuah tujuan petualangan luar ruangan yang hebat, ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan di Laos.

Laos memiliki sejarah yang kaya sejak 10.000 tahun yang lalu dan merupakan salah satu negara komunis terakhir yang tersisa di dunia. Anda dapat menjelajahi kuil-kuil kuno, mendaki pegunungan karst, dan melihat hewan-hewan eksotis seperti gajah dan siamang. Yang terbaik dari semuanya, negara ini tidak ternoda oleh pariwisata massal.

1. Saksikan Matahari Terbit di Phou Si di Luang Prabang

Pada pagi pertama Anda di Luang Prabang, lihat matahari terbit di Gunung Phou Si. Gunung ini terletak tepat di tengah kota dengan pendakian ke puncak tidak lebih dari 15 menit. Begitu sampai di sana, Anda harus membayar 10.000 kip di kuil, tetapi itu adalah harga yang sangat kecil untuk pemandangan yang bersinar.

2. Kunjungi Pusat Pengunjung COPE

Tahukah Anda bahwa Laos adalah negara yang paling banyak dibom di dunia dari Perang Vietnam? Dari tahun 1964-1973 Amerika Serikat menjatuhkan lebih dari 260 juta bom cluster. COPE (Cooperative Orthotic & Prosthetic Enterprise) adalah museum kecil dan badan amal yang mencakup sejarah persenjataan yang tidak meledak (UXO) di Laos, pengaruhnya terhadap kehidupan di negara ini dan bagaimana pekerjaan COPE membantu korban bom lokal.

3. Sepeda Motor di Sekitar Dataran Tinggi Bolaven

Dataran Tinggi Bolaven adalah salah satu tempat terindah di Laos selatan, dengan perkebunan kopi yang subur, air terjun, dan desa-desa suku kecil. Jika Anda merasa nyaman dengan sepeda motor maka kami sarankan Anda memulai putaran empat hari.

Ada Big Loop (empat hari) dan Small Loop (dua hari) yang dapat Anda lakukan, tetapi Anda harus merencanakannya sendiri karena hanya ada sedikit tur yang terorganisir.

4. Mendaki di Air Terjun Kuang Si

Pergilah sekitar setengah jam dari kota Luang Prabang untuk mendaki di Kuang Si air terjun bertingkat hijau berbusa laut yang berkilauan. Setelah mendaki ke puncak, temukan kolam kecil yang menyenangkan, dengan ayunan pohon yang tergantung di atasnya. Ini seperti mendaki ke surga.

Tanyakan siapa saja dan mereka akan memberi tahu Anda bahwa perjalanan ke air terjun Kuang Si adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan di Laos.

5. Pergi Tubing di Vang Vieng

Adegan tubing Vang Vieng yang terkenal berbahaya telah berubah secara drastis dalam beberapa tahun terakhir, dengan pemerintah menutup sebagian besar bar dan ayunan sungai setelah menyapu kematian turis. Sekarang, hanya ada satu pusat pipa dengan hanya empat batang di sungai yang diizinkan untuk dibuka pada satu waktu.

6. Kunjungi Pasar Malam Luang Prabang

Setiap malam, Jalan Sisavangvong beralih ke mode pasar malam, menutup diri dari mobil, dan mendirikan kios kecil perhiasan, tas, dan suvenir Win88 berkualitas lebih tinggi daripada yang biasanya Anda dapatkan di Thailand atau Vietnam.

Juga, Pasar Malam memiliki salah satu prasmanan vegetarian sepuasnya yang terbaik, hanya dengan 15.000 kip. Muat, lalu muat lagi. Makan tidak pernah semurah ini, juga tidak enak ini.

7. Naik Perahu Melalui Gua Kong Lor

Gua Kong Lor di Provinsi Khammouane adalah salah satu keajaiban geologi Asia Tenggara. Gua batu kapur ini dibentuk oleh Sungai Nam Hin Bun, dan Anda dapat menyewa perahu kayu dari salah satu desa sungai kecil untuk melewatinya dan menjelajahi kolam zamrud di dalamnya. Lorong sungai yang melewati gua juga digunakan oleh penduduk setempat untuk mengangkut barang-barang, termasuk tembakau.