7 Tips Terbaik untuk Berkeliling di Laos

7 Tips Terbaik untuk Berkeliling di Laos

Bepergian di sekitar Laos bisa jadi rumit, terutama jika Anda baru pertama kali ke sana. Tapi jangan takut, kami punya semua info yang perlu Anda ketahui. Negara ini tidak begitu terkenal dengan jalan dan transportasi modernnya, tetapi bukankah itu setengah dari kesenangan bepergian? Laos adalah petualangan nyata, jadi selami saja, tetapi untuk menjelajah lebih jauh, Anda harus mencari bus, kapal, mobil, dan banyak lagi.

1. Lupakan ‘Slow Boat’s Bepergian dengan Speedboat untuk Sebuah Petualangan

Saluran air negara itu menghubungkan semua kota besar dan kecil, tetapi yang disebut Kapal Lambat persis seperti itu lambat. Jika Anda perlu menghemat waktu, speedboat dapat menempuh perjalanan beberapa hari hanya dalam enam jam. Harganya lebih mahal (sekitar $12 dari Luang Prabang ke Pakbeng) dan bisa sedikit menakutkan. Mintalah jaket pelampung, dan mintalah rekomendasi dari wisma Anda tentang perahu mana yang terbaik untuk dipesan.

2. Unduh Peta Offline

Unduh aplikasi seperti Maps.me ke ponsel Anda untuk mengakses peta saat tidak ada WiFi. Ini penting ketika tiba di negara baru tanpa koneksi. Menemukan hotel. Menggunakan taksi. Pada dasarnya, tidak tersesat.

3. Mencakup Lebih Banyak Daratan dengan Maskapai Lokal

Luang Prabang, Vientiane, Pakse Phonsavan, Savannakhet, dan Udomxai semuanya terhubung melalui maskapai domestik. Hanya ada dua maskapai penerbangan di sini; Lao Airlines dan Lao Skyway. Penerbangan cepat penuh selama musim liburan, jadi pesanlah sedini mungkin, tetapi perhatikan bahwa Anda sering kali harus memesan langsung melalui situs web maskapai atau melalui kantor tiket mereka.

4. Pesan Tiket Online Melalui Bookaway

Anda dapat membeli tiket untuk minivan dan bus dll di tempat di jendela, tetapi siapa yang ingin menghabiskan liburan mereka menunggu dalam antrean? Ditambah lagi, layanan bus selalu sibuk sepanjang tahun, terutama pada waktu puncak perjalanan selama akhir pekan dan hari libur nasional.

Jadi, untuk memudahkan perjalanan keliling Laos, Anda bisa memesan tiket minivan wisata, bus pribadi, dan taksi terlebih dahulu melalui Bookaway.

5. Sewa Sepeda untuk Jalan-Jalan

Pemandangan indah dan jalan pegunungan menjadikan Laos salah satu negara terbaik untuk bersepeda di Asia Tenggara. Hanya dengan 10.000 hingga 50.000 kip ($ 1,25 – $ 6,25 USD), Anda dapat menyewa kapal penjelajah atau sepeda gunung selama 24 jam. Ini juga merupakan cara praktis untuk menavigasi kota-kota seperti Luang Prabang atau Vientiane.

6. Harapkan Perjalanan Panjang dengan Angkutan Umum

Bus di sini biasanya tidak berangkat tepat waktu dan sangat murah, dan waktu tempuh bisa sangat lama terutama saat musim hujan. Kota-kota besar seperti Luang Prabang dan Vang Vieng juga dapat diakses dengan bus, dengan harga mulai dari ekonomi di bus umum (pikirkan: bangku plastik di lorong untuk tempat duduk tambahan!) hingga kelas VIP Fun88.

Bus antar-jemput kota dikenal sebagai Songthaews atau Jumbos, mengoperasikan rute standar yang naik dan turun di jalan. Ketahuilah bahwa Anda mungkin menunggu beberapa saat: pengemudi tidak bergerak sampai bus memenuhi kapasitasnya.

7. Jangan Tinggalkan Paspor Sebagai Deposit Motor

Sepeda motor adalah salah satu pilihan paling populer untuk berkeliling Laos. Meskipun persewaan sepeda motor dan skuter murah, ada baiknya menghabiskan sedikit lebih banyak untuk sepeda yang modelnya lebih baru dan pastikan untuk menguji kecepatannya.

Kami menyarankan Anda meninggalkan setoran tunai alih-alih paspor Anda, seolah-olah yang terburuk menjadi yang terburuk dan Anda mengalami kecelakaan, tidak ada pusat trauma di negara ini. Anda harus diterbangkan ke Thailand dan itu tidak mungkin jika Anda tidak memiliki paspor!